Arti Endorse Instagram Dan Pengaruhnya Dalam Penjualan Online

Arti Endorse Dalam Dunia Bisnis Online – Akhir – akhir ini tentu kita sering mendengar istilah endorse dalam dunia bisnis online. Sebagian ada yang sudah paham apa arti endorse dalam dunia bisnis online, akan tetapi sebagian lagi juga masih ada yang bingung seperti apa sih endorse ini dan apa maksudnya?
Arti Endorse Instagram Dan Pengaruhnya Dalam Penjualan Online

Arti endorse dalam dunia bisnis online adalah sebuah strategi promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan figur atau tokoh yang terkenal untuk mereferensikan, memberikan pengertian dan mempromosikan sebuah produk agar produk tersebut dikenal dan laris manis di pasaran. Dengan endorse, diharapkan konsumen yang belum tahu produk tersebut bisa tahu dengan produk yang dipasarkan dan berpeluang untuk membeli produk yang dipromosikan oleh seorang endorsement tersebut. Lalu sebenarnya seperti apa pengaruh endorse dalam peningkatan penjualan?



Pengaruh Endorse Dalam Peningkatan Penjualan Online

Sistem endorse untuk mempromosikan sebuah produk semakin gencar dilakukan seiring dengan demam media sosial instagram yang menjalar ke seluruh lapisan masyarakat. Mereka yang bisa melakukan endorse adalah figur atau tokoh yang memiliki follower berjumlah ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan. Hal ini karena follower memang sangat menentukan. Semakin banyak follower maka peluang semakin banyak orang yang` melihat produk yang dipromosikan semakin besar. Semakin banyak follower peluang follower tersebut membeli produk yang diendorsekan juga semakin besar. Dengan begini terjadi hubungan timbal balik antara si pengendorse, pembeli dan juga pihak yang menjual produk dengan meminta pengendorse mempromosikan produknya.

Biasanya model, artis atau selebgram diminta untuk melakukan endorsement. Tarif yang diminta untuk sekali endorse juga berbeda – beda karena masing – masing pengendorse memiliki syarat dan tarif yang berbeda untuk melakukan endorse. Ada yang mulai ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung tarif yang diberikan pengendorse tersebut. Sehingga Anda yang ingin menggunakan jasa endorsement untuk mempromosikan barang yang Anda jual maka Anda harus melakukan konsolidasi dan pembicaraan dulu mengenai sistem pengendorse untuk melakukan endorse, bagaimana kinerjanya dia dan berapa tarif yang mereka pasang. Lalu apakah sangat berpengaruh dalam peningkatan penjualan?

Advertisements

Sejauh ini, endorse memiliki pengaruh yang sangat besar dalam upaya peningkatan penjualan. Hal ini karena sifat dan watak orang Indonesia yang suka menggunakan barang – barang yang digunakan idolanya. Semisal, seseorang adalah followers Natasha Wilona dan merupakan fans fanatik Natasha Wilona. Bukan tidak mungkin ketika Natasha Wilona mengendorse sebuah produk kecantikan, followers Natasha Wilona yang sudah sangat ngefans dengan Natasha Wilona tersebut tertarik untuk menggunakan sebuah produk kecantikan yang dipromosikan oleh Natasha Wilona. Ia kemudian memfollow akun yang diendorse Natasha Wilona dimana akun tersebut menjual produk kecantikan yang diendorse Natasha Wilona. Dengan begini akun tersebut akan mendapat follow dari orang yang tertarik membeli produk yang sudah direkomendasikan oleh Natasha Wilona tadi dan penjualan terjadi. Sampai saat ini endorsement sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan penjualan dengan potensi yang sangat besar.

Akan tetapi memang kesuksesan seorang endorsement dalam mengendorse sebuah produk tidak lepas dari bagaimana sang bintang merayu followersnya untuk membeli produk yang diendorse. Semakin terkenal figur yang membawakan endorsement tadi tentu semakin besar juga peluang dirinya menjaring semakin banyak konsumen untuk membeli sebuah produk yang diendorsenya.


Salah satu media sosial yang mempopulerkan langkah promosi dengan sistem endorse ini adalah instagram. Pasalnya, instagram merupakan sebuah media sosial yang memuat konten utama foto dan video dimana bisa terselip caption dari foto atau video yang dimuat. Caption tersebutlah yang dijadikan teks endorse oleh seorang endorsement yang mempromosikan sebuah produk. Dengan melakukan endorse, seketika produk akan jadi rebutan.

Pada umumnya produk yang sering dipromosikan dengan sistem endorse selalu bisa sukses menjaring pelanggan. Ada banyak produk yang saat ini diendorsekan bahkan banyak pemilik akun jualan di instagram memilih endorsement untuk target promosinya. Mulai dari bisnis sepatu, bisnis busana, bisnis database, bisnis produk kecantikan, bisnis tas, bisnis camilan, bisnis kue dan kuliner, bahkan sampai dengan bisnis keperluan bayi dipromosikan dengan endorse.

Akan tetapi walau pengaruh endorse dalam upaya peningkatan penjualan sangatlah besar, Anda tetap harus menentukan figur siapa yang akan mengendorse. Jangan sampai Anda asal – asalan memilih pengendorse yang menawarkan harga murah dengan follower yang kurang menguntungkan karena hal ini akan kurang menguntungkan juga untuk Anda. Sebaiknya pilih figur dengan banyak followers aktif yang suka coment dan memiliki banyak like di akun instagramnya. Figur ini kebanyakan memiliki potensi minat yang sangat besar dari para followers. Lebih penting lagi Anda perlu sesuaikan figur dengan target market produk yang akan Anda promosikan.

Misalkan ketika Anda memiliki produk alat – alat bayi, mungkin Natasha Wilona yang masih belum punya anak kurang sesuai untuk mengendorse produk ini. Ada baiknya Anda memilih figur yang sudah memiliki anak untuk mengendorse karena akan lebih faktual dan terkesan lebih natural. Anda bisa memilih figur seperti Ashanty yang sudah punya anak dan dalam keadaan hamil, Nina Zatulini atau berbagai figur lain yang memiliki pengalaman dalam dunia anak. Dengan begini langkah Anda akan sangat tepat dan memberikan kontribusi timbal balik yang maksimal.

Baca Juga : Analisa Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau

Jadi intinya, pahami dulu produk yang Anda jual kemudian cari target endorse yang sesuai dengan produk yang ingin Anda promosikan agar produk Anda bisa laku keras. Jangan salah pilih endorse supaya potensi pengaruh endorse dalam peningkatan penjualan akan semakin besar. Salam sukses berwirausaha.

Advertisements