Analisa Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau

Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau – Menjalankan sebuah bisnis memang diperlukan perencanaan yang matang tentang segala aspek terkait bisnis tersebut. Bukan hanya soal berapa modal yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis, kemampuan apa yang perlu dimiliki untuk menjalankan bisnis, siapa target market bisnis, dan bagaimana strategi bisnis tersebut dijalankan saja yang perlu diperhatikan. Akan tetapi sebagai langkah awal bisnis, analisa peluang usaha perlu dipikirkan. Di sektor kuliner, peluang usaha minuman es cappucino cincau adalah salah satu bisnis yang dapat Anda pertimbangkan.
Analisa Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau

Mengapa peluang usaha minuman es cappucino cincau? Ada beberapa keunggulan menjalankan bisnis kuliner yang satu ini. Diantaranya Anda hanya perlu modal kecil untuk menjalankannya, bisnis ini bisa dijalankan kapan saja dan bukan bisnis yang musiman, disukai semua kalangan, dan tentunya keuntungan yang bisa didapatkan sangat besar. Dalam berbisnis, menganalisa sebuah peluang usaha berarti mengidentifikasi pasar untuk sasaran bisnis yang akan dijalankan nantinya. Berikut beberapa aspek yang perlu dijadikan acuan dalam analisa peluang usaha minuman es cappucino cincau.



Analisa Peluang Usaha Minuman Es Cappucino Cincau

Peluang usaha minuman es cappucino cincau memang menjadi salah satu ide bisnis yang dapat diterapkan mengingat bisnis ini sangat mudah dijalankan karena proses pembuatan produk sangat simple. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat es cappucino cincau juga dapat diperoleh di pasaran dengan mudah. Selain itu produk ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak kecil, remaja sampai dengan orang dewasa sehingga dengan demikian Anda tidak perlu repot – repot mengenalkan produk ini dengan capeknya. Hanya saja langkah promosi tetap perlu dilakukan untuk menunjang pengembangan bisnis yang tengah Anda jalankan ini.

Lalu kira – kira berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau? Mengenai modalnya, Anda perlu siapkan modal awal kurang lebih sebesar 3,5 juta rupiah sampai 5 juta rupiah. Jika Anda melakukan bisnis ini dengan sistem franchise dengan membeli konsep dan resep dari franchisor, kemungkinan modal yang dibutuhkan tergantung kebijaksanaan serta kesepakatan antara Anda dan franchisor tersebut.

Advertisements

Bagi Anda yang menjalankan bisnis ini dengan konsep Anda sendiri artinya membuat booth sendiri, memasak sendiri, mengonsep sendiri, membuat ide pemasaran sendiri dan semuanya dilakukan sendiri tanpa franchisor maka Anda perlu siapkan semuanya dulu. Beberapa persiapan yang Anda perlu lakukan diantaranya :

•    Booth usaha Rp 1.500.000,00 – 2.000.000,00.

•    Modal pembuatan minuman es cappucino cincau + alat dapur Rp 1.000.000,00 – 1.500.000,00. Untuk modal pembuatan esnya tergantung kapasitas Anda menyiapkan seberapa banyak produknya.

•    Biaya promosi Rp 150.000,00

•    Biaya lain – lain Rp 200.000,00

Jadi besar modal usaha minuman es cappucino cincau yang perlu Anda siapkan kurang lebih 3.750.000,00. Dari modal tersebut besar keuntungan yang memungkinkan Anda dapatkan kurang lebih 25% sampai dengan 50% dari total modal usaha yang telah Anda keluarkan. Tergantung juga bagaimana cara promosi Anda dan bagaimana cara Anda membuat orang tertarik dengan produk sehingga produk tersebut bisa laku keras di pasaran.



Agar bisnis yang Anda jalankan sukses, berikut tips menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau yang perlu Anda terapkan :

1. Pilih Lokasi Yang Tepat

Agar usaha Anda mudah dikenali orang dan berjalan dengan baik, Anda perlu memilih tempat usaha yang strategis untuk menjalankan usaha. Pilih lokasi yang banyak dilalui orang seperti di dekat pusat perbelanjaan, pasar, sekolah, kampus, minimarket, sentra jajanan dan tempat strategis lainnya. Hindari lokasi usaha dengan jarak kurang dari 1 km yang menjalankan usaha yang sama agar bisa meminimalisir persaingan.

Usaha ini juga bisa Anda jalankan di dekat tempat usaha orang yang jual makanan laris. Misalkan didaerah Anda ditemui tempat jual makanan laris, Anda bisa menjalankan usaha di dekatnya karena kemungkinan besar pembeli setelah makan pasti butuh minum. Disanalah Anda akan dilirik orang.



2. Buat Booth Yang Menarik

Booth juga perlu masuk dalam agenda pertimbangan Anda. Buat booth semenarik mungkin agar orang tertarik untuk membeli produk Anda. Kalau bisa, jaga kebersihan booth Anda selalu agar pembeli tidak merasa jorok dengan produk Anda. Percuma tentunya produk memiliki cita rasa yang nikmat tetapi kebersihan tidak dijaga karena hal ini juga menjadi salah satu pertimbangan pembeli ketika membeli suatu jajanan baik makanan atau minuman.

Jika Anda mengikuti usaha franchise, Anda tidak perlu menyiapkan booth karena biasanya booth sudah satu paket dengan paket jualan. Tetapi jika Anda memutuskan memulai sendiri dengan konsep Anda sendiri, maka buat booth semenarik mungkin.



3. Kreasikan Menu

Agar konsumen tidak merasa bosan tentu Anda harus kreatif dalam mengkreasikan menu. Misalkan jangan hanya menjual minuman es cappucino cincau dengan rasa original saja tetapi Anda bisa selipkan cita rasa lain seperti cappucino cincau oreo, cappucino cincau blueberry, cappucino cincau bubble dan sebagainya. Yang jelas buat kreasi menu sebanyak mungkin dan semenarik mungkin.



4. Ikuti Berbagai Event Untuk Pembelajaran

Dalam menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau Anda juga perlu mengikuti berbagai macam event untuk kegiatan pembelajaran. Ikuti berbagai seminar. Jika memang ada acara bazar di daerah Anda, Anda juga perlu mengikutinya untuk semakin mengenalkan usaha Anda kepada masyarakat  luas. Jalin hubungan baik dengan EO sehingga Anda bisa tahu kapan ada event –event yang dapat Anda manfaatkan.

Baca Juga : Memulai Bisnis Produk Herbal Yang Miliki Prospek Cerah Di Pasaran

Bagi Anda yang masih bingung memilih usaha apa yang potensial dijalankan, sangat direkomendasikan Anda menjalankan peluang usaha minuman es cappucino cincau. Modal sedikit, untung banyak akan Anda dapatkan. Terapkan juga tips – tips usahanya agar mendapatkan peluang sukses yang besar dalam bisnis Anda. Terimakasih sudah membaca Usaha Minuman Es Cappucino Cincau.

Advertisements