Ciri-Ciri Batu Black Jade | Pusat Batu

giok hitam acehDi provinsi Aceh, giok hitam ini banyak diburu. Tak ayal membuat giok hitam menjadi suvenir turis yang berkunjung. Giok dari Aceh ini dijamin keasliannya oleh para pedagang. Biaya untuk tempaan giok palsu jauh lebih mahal dibanding harga jualnya. Untuk giok-giok yang banyak kita jumpai di kaki lima biasanya didatangkan dari Malaysia. Harganya tentu jauh berbeda jika dibandingkan dengan batu giok yang asli.

Batu giok hitam (Black Jade) merupakan salah satu varian batu giok. Selain hitam dan hijau, ada juga warna putih dan kuning. Meskipun tidak sepopuler giok dengan warna hijau, namun giok hitam ini banyak juga peminatnya. Tidak hanya dalam bentuk perhiasan saja. Giok hitam juga banyak dibuat dalam berbagai bentuk lainnya. Anda tinggal pilih berdasarkan selera dan kocek anda. Tadinya mungkin orang hanya mengetahui bahwa giok berasal dari China. Faktanya giok banyak diperoleh dari Burma, Tibet dan Tiongkok. Indonesia? Tentu saja, kini giok asal Aceh sedang menjadi pembicaraan.

Tingkat kekerasan batu giok yang mencapai 6.5 skala Mohs membuat batu giok sesuai untuk dijadikan perhiasan. Meskipun giok identik dengan warna hijau, namun batu giok hitam juga sangat indah untuk dijadikan koleksi atau dipakai sehari-hari.

Advertisements

Jika anda tertarik untuk membeli giok hitam, berikut ini beberapa ciri yang dapat anda perhatikan:

1. Warna giok tidak berubah baik di dalam ruangan atau pun di bawah terik matahari.
2. Jika diterawang, warna hitamnya padat.
3. Kilaunya tahan.
4. Sebagai perbandingan, giok palsu akan hilang kilaunya hanya dalam 2 tahun.
5. Tahan gores.
6. Mampu menggores permukaan kaca.
7. Tembus cahaya bila disenter.
8. Harga lebih mahal dibanding giok palsu atau sintetis

Membedakan batu giok asli dan palsu memang sulit untuk orang awam. Namun, semoga ciri-ciri di atas dapat menjauhkan anda dari pedagang nakal yang tidak bertanggungjawab. Selain itu ada beberapa anggapan yang salah yang beredar luas di masyarakat mengenai batu giok. Jadi anda harus berhati-hati.

Informasi serupa yang paling banyak dibaca:

Related Posts to “Ciri-Ciri Batu Black Jade”

Incoming search terms:

Advertisements