Menyulap Barang Bekas Menjadi Peluang Usaha

KERAJINAN BARANG BEKAS — Dimanapun kreativitas selalu menjadi kunci untuk mendatangkan peluang usaha dan keuntungan ekonomis. Di tangan-tangan terampil dan ide kreatif 5 pemuda asal Bandung terbukti onderdil bekas disulap menjadi aneka miniatur motor yang bernilai seni dan ekonomis tinggi. Tidak ada yang menyangka sebelumnya barang-barang bekas yang teronggok itu bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan. Itulah bukti kreativitas 5 pemuda Gang Ranim, Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap Kota Bandung ini, barang yang dianggap sampah tersebut disulap menjadi miniatur motor yang memiliki nilai seni dan jual yang cukup tinggi.

Motor Daur Ulang

Di bengkelnya yang berukuran 3 x 3 meter ini, setiap harinya Rey dan keempat temannya yang lain menghabiskan waktu untuk merakit miniatur motor Harley Davidson. Maklum saja, untuk merakit 1 unit miniatur motor Harley Davidson ini, pemuda asal Gang Ranim ini membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu.

Advertisements

Onderdil dan barang bekas lainnya yang menjadi bahan baku utama, mereka dapatkan dari bengkel teman-teman mereka, yang mempunyai hobby menunggang motor-motor besar lawas. Setelah dipilah dan dipilih, onderdil bekas seperti busi, dahar dirakit menjadi mesin motor.

Namun sebelumnya terlebih dahulu, Rey dan temannya membuat rangka motor yang terbuat dari kawat. Untuk bagian tangki, biasanya Rey menggunakan bahan kayu atau seng.

Miniatur Vespa

Agar hasilnya lebih menarik dan terlihat sama seperti hasilnya, miniatur motor Harley Davidson rakitannya dicat dengan menggunakan cat mobil pilihan, sehingga hasilnya sangat memuaskan.

Selain mencontoh model dari majalah otomotif, kerapkali Rey menerima pesanan dari seorang bikers yang meminta dibuatkan miniatur tunggangannya. Hasil karya Rey Custom ini, saat ini sudah menyebar di beberapa kota besar di Indonesia dan banyak dikenal terutama di kalangan penunggang motor-motor besar.

Harga 1 unit miniatur motor yang terbuat dari onderdil dan barang bekas ini berkisar 300 hingga 500 ribu rupiah, tergantung tingkat kesulitan merakitnya. Selain motor Harley Davidson, Rey Custom saat ini terus mengembangkan keahliannya dengan mencoba untuk membuat miniatur segala jenis motor dan mobil.

Incoming search terms:

Advertisements